Setelah adanya hasil Swab kedua yg positif di kabupaten Wajo, maka tim GTPP Covid 19 melakukan rapid test kepada 57 orang tenaga kesehatan pada hari Senin 20/04/2020, dan sampai hari ini Selasa 21/04/2020 sudah ada 6 orang keluarganya yg telah periksa, dan pihak RSU Siwa masih tetap melakukan tracking dan pemeriksaan kepada sejumlah orang lainnya.

Dijelaskan bahwa Hasil Rapid test positif belum tentu positif Covid-19, karena nilai positif itu baru diperoleh dari adanya peningkatan aktivitas Antibodi akibat adanya virus yang masuk ke dalam tubuh orang yang di test. Sehingga tidak serta merta bisa dikategorikan positif Covid-19. Yang bisa memastikan seseorang terinfeksi Covid-19 hanyalah PCT (polumerace Chain Reaction). Jika kondisi fisik yang bersangkutan tidak menunjukkan gejala seperti deman, sesak nafas, batuk dll, maka mereka hanya dimasukkan dalam kelompok OTG (Orang Tanpa Gejala), dan akan terus diisolasi sambil menunggu hasil PCRnya.

Berdasarkan hasil rapid test yg dilakukan selama 2 hari ini, ada 5 orang diantaranya dinyatakan positif pada rapid testnya, namun tidak menunjukkan gejala-gejala seperti yg dikemukakan diatas, maka mereka melakukan isolasi Mandiri sambil menunggu hasil swabnya.

Apabila hasil swabnya ternyata menunjukkan hasil yang positif, maka pemerintah kabupaten Wajo melalui tim GTPP Covid 19, sudah siap melakukan penanganan sesuai dengan protokol Covid 19.

author
Wajokab.go.id

Claritas est etiam processus dynamicus, qui sequitur mutationem consuetudium lectorum.

KIRIM PESAN

Silahkan Kirim Pertanyaan, Kritik maupun Saran untuk kami melalui formulir berikut.